BAB I
PENDAHULUAN
Masuknya suatu perkembangan global akan menjadi dampak dalam setiap dunia
bisnis, entah itu akan berdampak baik atau sebaliknya akan merugikan. Jika dulu
kita mengenal bisnis dengan cara yang sangatlah sederhana, contohnya seperti
saat kita melakukan barter untuk saling melengkapi kebutuhan sehari-hari. Kini
bisnis tidak hanya menyangkut masalah pribadi belaka melainkan juga melibatkan
banyak aktivitas lainnya.
Dewasa ini tidak bisa dipungkiri bahwa dunia perbisnisan sangatlah
mendominasi sistem perekonomian baik di Indonesia sendiri atau pun di luar
Indonesia. Masuknya pengaruh global turut mempengaruhi perkembangan bisnis di
Indonesia. Untuk mempersiapkan para calon entrepreneur muda Indonesia
dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis masa kini, Universitas Ciputra (UC)
mengundang DR. Bambang S. Pujantiyo seorang direktur eksekutif Ikatan Auditor
Teknologi Indonesia (IATI) dan peneliti di bidang manajemen inovasi dan teknologi
BPPT. Sesuai dengan perkembangan jaman yang semakin berkembang dengan pesat,
tumbuhnya berbagai metode bisnis dan trend bisnis yang semakin berkembang
setiap masa akan menemukan ciri khasnya sendiri dalam menjalankan bisnisnya dan
tidak dapat diterapkan atau sulit untuk diterapkan pada masa-masa selanjutnya.
Makalah ini
coba meniliki sedikit banyak bagaimana cerita dibalik terjadinya perkembangan
bisnis. Makalah yang jauh dari kata sempurna ini lebih rancu dan mengarah pada Sejarah
dan Perkembangan Bisnis dan akan ada kemungkinan nantinya isi dari makalah
ini hanyalah berisi sepintas penjelasan.
Makalah ini
mencoba untuk menjelaskan sepintas mengenai bisnis dan perkembangan bisnis yang
terjadi. Mulai dari era industri, era teknologi, dan era informasi. Di mana
akan sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis dunia, baik di indonesia
sendiri atau pun di luar indonesia.
Sebenarnya
makalah ini hanyalah sebatas untuk memenuhi tugas yang telah diberikan kepada
kami sebagai penulis. Tugas yang merupakan tanggung jawab untuk diselesaikan,
karenanya apabila ada kesalahan baik dalam kepenulisan dan bahasanya, kami
mohon maaf dan dimaklumi.
Harapan kami
semoga makalah ini dapat memberikan sedikit gambaran mengenai Sejarah dan
Perkembangan Bisnis dan semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Kurang lebihnya kami mohon maaf, adapun untuk lebih jelasnya akan kami paparkan
penjelasannya di bab-bab berikut yang akan diuraikan dalam isi makalah ini.
BAB II
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN
BISNIS
A. Pengertian Bisnis
Bisnis adalah kegiatan yang berkaitan dengan produsen dan konsumen,
manajemen, dan sistem-sistem yang akan dipakai, kegiatan yang ada dalam suatu
perusahaan juga menjadi bagian dari bisnis.
Kegiatan antara konsumen dan produsen merupakan kegiatan yang terjadi dalam
suatu bisnis. Ketika terjadinya transaksi diantara kedua pihak tersebut, hal
yang terjadi tersebut adalah kegiatan dari bisnis itu sendiri.
Dalam pengertian luas seperti yang dijabarkan oleh M. Manulang dalam
bukunya, bisnis merupakan suatu istilah untuk menjelaskan segala aktivitas
berbagai industri dari yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan dalam
kehidupan masyarakat sehari-hari. Sedangkan secara sederhana, bisnis berarti
suatu sistem yang dipakai untuk memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan
kebutuhan masyarakat. Karena ia merupakan suatu sistem dalam masyarakat, maka
ada hubungan timbal balik antara bisnis dan unsur-unsur lain di masyarakat.
Aktivitas-aktivitas Bisnis
Aktivitas yang ada dalam bisnis memanglah sangat luas dan akan sangat sulit
jika dijabarkan secara rinci, karenanya akan kami sebutkan hanya beberapanya
saja antara lain ativitas bisnis tersebut meliputi produksi, distribusi, dan
konsumsi.
a.
Produksi
Pada dasarnya produksi adalah bagaimana untuk memenuhi setiap kebutuhan
lapisan masyarakat yang dalam dunia bisnis biasa disebut sebagai konsumen.
Produksi sendiri dapat dibedakan atas produksi primer, sekunder, dan tersier.
Produksi primer berarti aktivitas bisnis menarik sumber daya alam yang ada
dilingkungan. Adapun produksi sekunder adalah sumber daya alam atau bahan
mentah yang diproses atau diolah menjadi barang jadi. Sedangkan produksi
tersier lebih mengacu pada jasa-jasa yang ada pada keduanya. Yang diproduksi
pada umumnya berupa jasa.
b.
Distribusi
Distribusi memiliki artian memindahkan tempat barang atau jasa dari
produsen kepada konsumen. Hasil dari produsi merupakan barang keluaran yang
akan disampaikan kepada masyarakat sebagai kebutuhannya.
Distribusi terlaksana karena adanya penyedia jasa. Sistem distribusi yang
baik memberikan kontribusi kepada pemakai dalam memperluas pasar, ini berarti
dapat mengurangi kebutuhan persediaan yang besar baik bahan mentah atau pun
barang jadi.
c.
Konsumsi
Konsumsi adalah banyaknya kebutuhan yang dimiliki atau diperlukan oleh
konsumen dalam suatu barang atau jasa. Konsumsi biasanya dilihat dari kebutuhan
yang dimiliki oleh konsumen tersebut, maka akan dapat diketahui pengeluaran
diperlukan.
Seseorang mempunyai tanggung jawab keuangan seperti membayar pajak
penghasilan dan menempatkan sejumlah tertentu dana persediaan untuk rekening
lain-lain. Bisa ditarik kesimpulan bahwa kebutuhan seseorang terkadang
lebih besar dari apa yang terjadi sebelumnya.
B. Sejarah dan Perkembangan Bisnis
Sejak ratusan tahun lalu sebagian besar atau mayoritas masyarakat Indonesia
hidup dari pertanian. Hanya mereka yang hidup di daerah pantai sering terlibat
dengan perdagangan kecil-kecilan dan belum pernah memasuki tingkat perdagangan
internasional dengan ukuran skala ekonomis. Menurut mereka bahwa pada zaman
dahulu para pedagang Indonesia telah aktif berdagang rempah-rempah sampai
Gujarat, Teluk Arab, dan Madagaskar. Kemudian muncul Revolusi industri yang
membawa perubahan secara drastis dan sangat penting. Adanya mesin uap menimbulkan
perubahan; pada pertanian yang tadinya menggunakan bajak, dengan tenaga sapi,
kerbau, sekarang diganti dengan traktor dan buldozer yang bertenaga luar
biasa. Akhirnya ekonomi tumbuh pesat dan memberi peluang berkembangnya
pabrik-pabrik, perdagangan besar, perdagangan eceran, dan perusahaan jasa baik
perorangan atau pun persekutuan.
Pada zaman globalisasi, dunia yang paling transparan kita lihat bagaimana
hebatnya persaingan bisnis perusahaan nasional, multinasional, perang ekonomi
lewat perdagangan antar bangsa, yang saling berebut untuk menguasai pasar dunia
dalam bidang barang dan jasa. Oleh karena itu kita harus mulai mengembangkan
dan mencurahkan perhatian untuk membina generasi muda yang akan informasi
bidang bisnis ini.
Adapun sejarah bisnis secara garis besarnya meliputi beberapa hal berikut
ini:
a. Era Industri
Era indusutri dengan pionirnya Henry Ford pemilik dari Ford
industrimendapatkan penghasilan sebesar 10 triliun pertamanya dalam kurun waktu
karir kerja selama 25 tahun. Di masa ini barang siapa yang tidak bekerja maka
dia tidak akan mendapatkan penghasilan,namun bagi yang bekerja dengan keras dan
dengan prestasi yang cukup baik dalam ruang lingkup kerjanya akan mendapatkan
jaminan pensiunan dari perusahaan. Tentunya jaminan tersebut jauh dari cukup
karena sudah tidak bekerja lagi.
b. Era Teknologi
Era Teknologi, masa-masa di mana teknologi menjadi tolak ukur penghasilan
yang tak terbatas karena semakin bagus mutu dari suatu tekhnologi maka yang
menciptakan akan menciptakan suatu passive income yang tak terbatas dari hasil
karya yang diciptakan dan menghasilkan royalti. Di masa ini yang menjadi pionir
adalah Bill Gates pemilik Microsoft dengan penghasilan 10 triliun pertama
setelah 12 tahun. Tentunya dengan menciptakan sebuah teknonogi komputer yang
saat ini terus berkembang dan akan terus menciptakan royalti terus menerus bagi
Bill Gates.
c. Era Infromasi
Era Informasi yang di awali pada awal tahun 1990-an dan terus berkembang
pesat sampai saat ini dan diyakini akan terus berkembang dari tahun ke tahun
selanjutnya. Kecepatan dunia informasi akan memegang penuh dalam perkembangan
dunia bisnis dimasa mendatang mulai dari industri kecil sampai industri
besar,rumahan hingga pabrik, toko, sekolah, organisasi, marketing dan masih
banyak lagi akan membutuhkan kecepatan dalam penyampaian bisnisnya. Dalam hal
ini bisa dikatakan melalui jaringan internet/website yang akan selalu siap
bersedia bekerja untuk Anda 24 jam non-stop tanpa upah akan bekerja untuk Anda.
Saat ini yang menjadi pionir di masa ini adalah Jeff Besos pemilik dari
amazon.com (Toko Online terbesar dunia) dengan penghasilan 10 triliun pertama
dalam kurun waktu 3 tahun perjalanan karir.
Bisnis Indonesia adalah surat kabar harian dengan segmentasi pemberitaan
bisnis dan ekonomi berbahasa Indonesia yang diterbitkan di Jakarta, Indonesia,
sejak 14 Desember 1985. Bisnis Indonesia diterbitkan oleh PT Jurnalindo Aksara
Grafika (PT JAG) yang merupakan kongsi bisnis empat pengusaha Sukamdani Sahid
Gitosardjono (Sahid Group), Ciputra (Ciputra Group), Anthony Salim (Salim
Group), dan Eric Samola. Pemimpin Redaksi saat ini adalah Arief Budisusilo yang
menggantikan Ahmad Djauhar sejak 2009, dengan Wakil Pemred Y. Bayu Widagdo,
yang menggantikan Linda Tangdialla sejak 2012. Setelah tidak bertugas sebagai
Pemred, Ahmad Djauhar menjabat sebagai Wakil Pemimpin Umum dengan tetap sebagai
Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia, sedangkan Linda Tangdialla kini memimpin
portal berita Kabar24.com selaku pemimpin redaksi. Kabar24.com merupakan unit
baru dalam kelompok media Bisnis Indonesia.
Awalnya, koran Bisnis Indonesia berkantor di bekas bengkel reparasi mesin
jahit Singer di Jalan Kramat V/8, Jakarta Pusat. Koran yang fokus pada berita
bisnis, ekonomi, dan umum ini meroket berkat booming yang melanda lantai Bursa
Efek Jakarta pada tahun 1987 dan akibat maraknya industri perbankan sebagai
hasil penerapan kebijakan Paket Oktober (Pakto) 1988.
Pertumbuhan yang baik tersebut membuat koran ini mampu membangun gedung
sendiri dan kantor pun pindah ke Wisma Bisnis Indonesia (WBI) di Jalan Letjen
S. Parman Kav. 12A Slipi, Jakarta Barat, pada akhir 1990. Namun kemacetan luar
biasa di lokasi tersebut dan perhitungan bisnis pada masa depan membuat koran
ini kembali pindah ke wilayah Segitiga Emas Sudirman.
Mulai 1 Januari 2005 kegiatan operasional Bisnis Indonesia berpusat di
Wisma Bisnis Indonesia (WBI) lantai 5-8, Jalan KH Mas Mansyur No. 12A, Karet
Tengsin, Jakarta Pusat. Saat ini, Bisnis Indonesia memiliki kantor perwakilan
di sejumlah kota di Indonesia yakni di Medan, Pekanbaru, Batam, Bandung,
Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar.
Sebagai lembaga pemberitaan, Bisnis Indonesia juga menjadi pemasok tetap
beberapa lembaga pemberitaan internasional seperti NewsNet Asia (yang
menerjemahkan berita Bisnis ke dalam bahasa Jepang, Factiva (usaha patungan Dow
Jones dan Reuters), dan ISI Emerging Markets (dari kelompok usaha Euromoney
Institutional Investor Group Co.), Xinhua (kantor berita China), dan Bloomberg
(kantor berita berbasis di New York, AS).
Sejarah perkembangan bisnis memanglah tidak pernah bisa diprediksi, oleh
karena itu kita sebagai generasi muda harus selalu memiliki kesiapan untuk
menjadi pengganti dari mereka yang telah berusaha keras sebelumnya.
Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah dan perkembangan bisnis,
kurang lebihnya kami mohon maaf dan semoga bermanfaat.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Pada zaman globalisasi, dunia yang paling transparan kita lihat bagaimana
hebatnya persaingan bisnis perusahaan nasional, multinasional, perang ekonomi
lewat perdagangan antar bangsa, yang saling berebut untuk menguasai pasar dunia
dalam bidang barang dan jasa.
Sejarah dan perkembangan bisnis secara garis besar dapat digolongkan
menjadi tiga antara lain:
Era Industri
Era indusutri dengan pionirnya Henry Ford pemilik dari Ford
industrimendapatkan penghasilan sebesar 10 triliun pertamanya dalam kurun waktu
karir kerja selama 25 tahun. Di masa ini barang siapa yang tidak bekerja maka
dia tidak akan mendapatkan penghasilan,namun bagi yang bekerja dengan keras dan
dengan prestasi yang cukup baik dalam ruang lingkup kerjanya akan mendapatkan
jaminan pensiunan dari perusahaan. Tentunya jaminan tersebut jauh dari cukup
karena sudah tidak bekerja lagi.
Era
Teknologi
Era Teknologi, masa-masa di mana teknologi menjadi tolak ukur penghasilan
yang tak terbatas karena semakin bagus mutu dari suatu tekhnologi maka yang menciptakan
akan menciptakan suatu passive income yang tak terbatas dari hasil karya yang
diciptakan dan menghasilkan royalti. Di masa ini yang menjadi pionir adalah
Bill Gates pemilik Microsoft dengan penghasilan 10 triliun pertama setelah 12
tahun. Tentunya dengan menciptakan sebuah teknonogi komputeryang saat ini terus
berkembang dan akan terus menciptakan royalti terus menerus bagi Bill Gates.
Era
Infromasi
Era Informasi yang di awali pada awal tahun 1990-an dan terus berkembang
pesat sampai saat ini dan diyakini akan terus berkembang dari tahun ke tahun
selanjutnya. Kecepatan dunia informasi akan memegang penuh dalam perkembangan
dunia bisnis dimasa mendatang mulai dari industri kecil sampai industri
besar,rumahan hingga pabrik, toko, sekolah, organisasi, marketing dan masih
banyak lagi akan membutuhkan kecepatan dalam penyampaian bisnisnya. Dalam hal
ini bisa dikatakan melalui jaringan internet/website yang akan selalu siap
bersedia bekerja untuk Anda 24 jam non-stop tanpa upah akan bekerja untuk Anda.
Saat ini yang menjadi pionir di masa ini adalah Jeff Besos pemilik dari
amazon.com (Toko Online terbesar dunia) dengan penghasilan 10 triliun pertama
dalam kurun waktu 3 tahun perjalanan karir.
Kami sebagai penyusun atau pun penulis dari makalah ini sangat menyadari
bahwa masih banyak kekurangan. Kurangnya pengetahuan dan refrensi yang dimiliki
oleh kami sangatlah terbatas, karenanya saran dan kritik dari pembaca akan
sangat membantu agar ke depannya dalam menyusun makalah yang diberikan oleh
dosen pengampu menjadi lebih baik lagi.
Harapan kami semoga makalah ini bisa bermanfaat dan semoga bermanfaat.
Sekali lagi, apabila ada kesalahan baik dalam tulisan atau pun penjelasan. Kami
juga dalam tahap pembelajaran, oleh karenanya kami mohon maaf sebesar-besarnya.
DAFTAR PUSTAKA
Manullang.
M, (2002), Pengantar Bisnis, Gajah Mada University Press, UGM,
Yogyakarta
Sumarni,
Murti., Soeprihanto, John (1998), Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi
Perusahaan), Liberty, Yogyakarta
https:wikipedia.com/Sejarah
Bisnis (Diakses Jam 05;32 WIB)
Mahmud
Machfeodz, Prof. Dr. Mas’ud Machfoedz, M.B.A, (Juni 2012) Komunikasi Bisnis
Modern, Edisi Kedua, BPFE Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar